Jumat, 20 Januari 2012

KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK (Yosi)


A. KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK

Pernahkah kamu melakukan perjalanan dari daerah pantai sampai ke daerah gunung? Apabila kamu pernah melakukannya, coba ingat kembali bentuk-bentuk muka bumi yang kamu lihat ! Kemungkinan kamu akan melihat dataran pantai, dataran rendah, dataran tinggi, dan gunung (pegunungan). Kondisi alam yang beraneka ragam di permukaan bumi mempengaruhi aktivitas penduduk di daerah tersebut. Aktivitas penduduk pada daerah yang berbeda-beda terlihat jelas pada mata pencaharian mereka.
Ada sebagian penduduk yang kehidupannya tergantung pada alam. Penduduk yang masih tergantung langsung pada alam biasanya memiliki corak kehidupan tradisional. Mereka memenuhi kebutuhan hidup dengan mengambil langsung dari alam dengan peralatan yang sederhana. Pada umumnya penduduk dengan kehidupan tradisional ini mempunyai jenis mata pencaharian dalam bidang pertanian. Disamping corak kehidupan tradisional, ada juga penduduk yang memiliki corak kehidupan modern.
Penduduk dengan kehidupan modern biasanya tidak tergantung langsung pada alam di sekitarnya. Mereka berusaha untuk menanggulangi keterbatasan pada alam dengan usaha-usaha lain. Oleh karena itu penduduk dengan corak kehidupan modern mempunyai mata pencaharian yang beragam. Di era global seperti sekarang ini, manusia tidak tergantung sekali oleh alam bahkan manusia sudah dapat mempengaruhi keadaan alam. Namun demikian masih ada sebagian penduduk yang dalam kehidupannya bergantung dari alam.
Siapakah yang dalam hidupnya masih tegantung dari alam ? Coba kamu perhatikan penduduk yang tinggal di daerah pantai. Kebanyakan mereka bekerja sebagai nelayan. Mereka mengambil sumber daya ikan dari laut. Mata pencaharian penduduk di daerah pantai selain nelayan di antaranya adalah dari sektor pariwisata, pegawai negeri, pegawai swasta, buruh, pedagang, dan petani.
Demikian pula halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi dan pegunungan. Sebagian besar penduduk di lereng-lereng gunung dan dataran tinggi memanfaatkan lahan daerah itu sebagai daerah pertanian. Jenis tanaman utama yang sebagian besar dikelola berupa tanaman sayur-sayuran, Namun demikian ada juga sebagian penduduk yang mempunyai mata pencaharian sebagai pegawai swasta, pegawai negeri dan pedagang.
Bagaimanakah dengan penduduk yang tinggal di dataran rendah? Penduduk di daerah ini cenderung mempunyai mata pencaharian yang beragam. Kenakeragaman mata pencaharian ini disebabkan oleh kondisi alam daerah datar cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh untuk permukiman, sarana transportasi, perdagangan, perindustrian dan lain sebagainya. Kota-kota besar di Indonesia sebagian besar berada pada daerah dataran rendah, seperti kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Makasar, dan kota-kota lainnya.


Bab X Penggunaan Lahan dan Kegiatan Ekonomi

Tugas 10.1
Pergilah ke rumah pak RT. Tanyakan tentang jenis mata pencaharian penduduksi RT tempat kamu tinggal. Tanyakan pula jumlah yang memiliki mata percaharian tersebut.
Di daerah perkotaan yang biasanya berupa dataran rendah, kita akan kesulitan mencari penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani atau nelayan. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai pedagang, pegawai negeri, pegawai swasta, dan buruh.

A. PENGGUNAAN LAHAN

Pernahkah kamu melakukan perjalanan darat yang cukup jauh? Coba kamu ingat kembali kenampakan apa yang dapat kamu lihat? Kemungkinan kamu melihat persawahan yang luas, perkebunan, hutan, permukiman, daerah industri, kawasan perdagangan dan lainnya. Kenampakan-kenampakan tersebut sebenarnya merupakan hasil dari kegiatan penggunaan lahan.
Menurut jenisnya penggunaan lahan di Indonesia dapat dibedakan menjadi penggunaan lahan pertanian dan non pertanian.

1.Pertanian
Tentunya kalian masih ingat bahwa negara kita adalah negara agraris. Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Bentuk penggunaan lahan pertanian yang ada di Idonesia dapat dibedakan menjadi pertanian rakyat, perkebunan, peternakan dan perikanan, serta kehutanan.
a.       Pertanian rakyat
Pertanian rakyat merupakan penggunaan lahan untuk kegiatan bercocok tanam yang menghasilkan berbagai produk bahan pangan. Bahan pangan yang dihasilkan seperti jagung, padi, palawija, dan sayur-sayuran. Pertanian rakyat merupakan usaha yang dikelola oleh sebagian petani dengan modal dan kemampuan terbatas. Tenaga kerjanya diambil dari keluarga sendiri dengan menggunakan cara tradisional dan peralatan yang masih sederhana. Pertanian rakyat biasanya diolah pada lahan yang sempit dengan modal usaha yang relatif kecil dan hasilnya pun untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

b.     2.  Perkebunan
Gambar 10.6 merupakan contoh penggunaan lahan untuk perkebunan. Perkebunan merupakan kegiatan pertanian yang diusahakan secara intensif untuk menghasilkan produk tanaman yang bisa dijual atau diperdagangkan. Perkebunan dibedakan menjadi perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat diusahakan oleh rakyat dalam wilayah yang relative sempit maksimal 10 hektar dan dikelola secara tradisional.
Contoh perkebunan rakyat di antaranya kopi, cengkeh, kakao, tebu, tembakau dan kelapa sawit.
Perkebunan besar biasanya diusahakan dalam wilayah yang relatif luas ( > 10 hektar) yang dikelola oleh pemerintah atau swasta dan menggunakan teknologi tinggi. Jenis tanaman yang diusahakan dapat berupa karet, kopi, kelapa sawit, teh, cengkeh, dan kina,
c.       Peternakan
Kegiatan peternakan merupakan usaha memelihara dan membudidayakan hewan ternak untuk dapat diambil

Bab X Penggunaan Lahan dan Kegiatan Ekonomi manfaatnya. . Peternakan yang diusahakan ada yang diambil dagingnya tetapi juga ada yang diambil telornya.
Peternakan tersebut meliputi :
1) Peternakan hewan besar, misalnya sapi, kerbau, dan kuda
2) Peternakan hewan kecil, misalnya kambing, domba, biri-biri, kelinci, dan lain-lain.
3) Peternakan unggas, misalnya itik, burung puyuh, angsa dan ayam.

d.   3.  Perikanan
                Pernahkah kamu pergi ke daerah pantai ? Apabila kamu melihat hamparan kolam-kolam yang ada di tepi pantai (tambak) maka kolam-kolam tersebut merupakan kegiatan penggunaan lahan untuk perikanan. Kolam-kolam ikan tidak hanya ada di daerah pantai, tetapi banyak juga dijumpai di tempat lain.

e.     4.  Kehutanan
Usaha penggunaan lahan untuk tanaman hutan disebut kehutanan. Hutan dapat dibedakan menjadi hutan produksi dan hutan alam. Hutan produksi merupakan hutan yang ditanam untuk diambil kayunya. Sedangkan hutan alam berfungsi untuk konservasi tanah dan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar